Friday, May 3, 2013

"Pemerintah bego nih"

"Tomang bang?"
"Masuk dalam neng"
aku memastikan aku tak akan salah kagi menaiki angkot. Aku Berjalan menuju bangku ujung, memasuki sebuah angkot JB 03 dengan membungkuk agar kepalaku tak terbentur plafon mobil angkutan ini.

Tepat di depanku, aku melihat dua orang wanita yang kuperkirakan usianya memasuki 19 tahun. Mereka berdua nampaknya berteman. Aku tahu karena melihat mereka berdua tengah asik membicarakan sesuatu. aku tidak tahu mereka berbicara tentang topik apa, yang ku tahu hanya satu, nampaknya mereka berdua tengah memakan siomay batagor yang amat pedas. Mereka berdua berbincang sambil sesekali mengusap keringat diatas bibir mereka.

Angkot berjalan, memecah kemacetan saat jam pulang kerja. Aku melepas id card kerjaku yang ternyata masih terselip di pita bajuku.

Macet macet dan macet. Itulah kata lain yang dapat menggambarkan Jakarta selain monas. Angkot yang kunaiki ini mulai berjalan memasuki gang. Namun tak satu orangpun turun mengurangi kesempitan.

Hingga akhirnya aku mendengar dua wanita tadi berbincang. Bukan maksudku mendengarkan, tapi suara cempreng mereka menembus dinding telinga seluruh penumpang. Jadi mau tidak mau kami seperti kambing congek yang menumpang di mobil pribadi mereka.

"Hujan gede kemaren rumah lo banjir gak???"
"Banjir. Gila. Jalanan tuh lumayan becek. Saluran airnya penuh jadi ke jalan deh aernya"
"Rumah gue juga banjir. Ya sama bgitu."
"Ih pemerintah mah janji doang. Katanya mau ngatasin banjir"
"Iya. Pemerintah bego nih. Ngatasin gitu doang susah. Gayanye aja belusukan kagak ada hasilnya"
"Hahahaa iye, tau begitu kagak usah pilih jokowi"

Aku diam. Menyimak pembicaraan mereka mengenai usaha pemerintah. Hingga akhirnya mereka diam. Aku melihat sesuatu yang membuatku tersenyum sinis. Ingin rasanya aku menjambak rambut keduanya dan kuikat jadi satu, lalu kuseret mereka ke saluran air yang dipenuhi sampah di Jakarta.

"Depan Kiri bang!" Mereka berdua mengisyaratkan agar sang supir menginjak rem dan menurunkan dua princess yang PINTAR ini.

"MBAKKK SAMPAHNYA SIOMAYNYA DIBAWA YA. BUANG DI BAK SAMPAH. Nanti kalo ditinggal dibawah situ, Jakarta banjir lagi, berarti ya karena warganya Jokowi kayak lo berdua. Bukan Jokowinya yang bego ya"

Aku memberikan mereka sebuah kantong plastik yang slalu kusimpan di dalam tasku. Lalu mengambilkan sampah yang sebenarnya sudah mereka ikat rapi lalu diletakkan dilantai angkutan umum ini.

"BUANG DI BAK SAMPAH. SUPAYA GANG RUMAHNYA GAK BANJIR LAGI"
Ujarku sembari menyodorkan bungkus siomay yang pedas dan sudah memenuhi perut mereka.

Kulihat mereka turun dengan muka cemberut. Satu wanita membawa kantong plastik hitam berisi sampah.

Andai Jokowi tahu, dia sedang memimpin warga yang tidak memiliki kesadaran pribadi seperti itu.

Semangat pak Jokowi. Saya tidak mengikutkan suara saya pada pemilihanmu. Tapi saya sebagai pendatang di Kotamu, turut memimpikan Jakarta yang bersih.

;)

Jakarta, 3 Mei 2013

3 comments:

  1. Wuee.. Keren mbak Rere ini...
    Tomang mana nih, asik lah kalo mampir ini..
    Hehehe..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. eheheeee semangat mbak Re..mereka tuh hny sekedar ngomongnya aja yg gede tp klo mereka sndiri yg digituin kgak mau disalahin

    ReplyDelete